Jumat, 06 Juni 2008

PROSES PENGOLAHAN MINYAK BUMI.

Minyak Bumi merupakan campuran berbagai macam zat organic, tetapi komponen pokoknya adalah hidrokarbon. Minyak bumi disebut juga minyak minyak mineral karena di peroleh dalam bentuk campuran dengan mineral lain. Minyak bumi tidak dihasilkan dan didapat secara langsung dari hewan atau tumbuhan, melainkan dari fosil. Karena itu minyak bumi di hasilkan dari bahan bakar fosil. Beberapa ilmuan menyatakan bahwa minyak bumi merupakan zat abiotik, yang berarti zat ini tidak berasal dari fosil tetapi merupakan zat onorganik yang dihasilkan secara ilmiah karena hanya memiliki sedikit bukti yang mendukung.

Proses Pengolahan Minyak Bumi.

Seperti yang kita ketahui bahwa minyak bumi merupakab campuran dari berbagai macam zat organic. Minyak Bumi bukan merupakan senyawa homogen, tapi merupakan campuran dari berbagai jenis senyawa hidrokarbon dengan perbedan sifatnya masing-masing, baik sifat fisika maupun sifat kimia.

Proses pengolahan minyak bumi terdiri dari dua jenis proses utama, yaitu Proses Primer dan Proses Sekunder. Sebagian orang mendefinisikan Proses Primer sebagai proses fisika, sedangkan proses sekunder adalah proses kimia. Hal itu bisa dimengerti karena pada proses primer biasanya komponen atau fraksi minyak bumi dipisahkan berdasarkan salah satu sifat fisiknya, yaitu titi didih. Sementara pemisahan dengan cara Proses sekunderbekerja berdasarkan sifat kimia, seperti pemecahan maupun konversi, dimana didalamnya terjadi proses perubahn struktur kimia minyak bumi.