Jumat, 06 Juni 2008

KARYA TULIS ILMIAH BAGIAN 8

2.3 Menghindari Serangan Jantung

Sekalipun telah berkurang, seerangan jantung masih tetap merenggut sejumlah besar nyawa orang setiap tahun. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya serangan jantung. Dengan mengurangi salah satu dari faktor-faktor tersebut maka kemungkinan berkurangnya terserang oleh serangan jantung.

Bagaimana serangan jantung dapat dihindari?

Penyakit ini adalah salah satu penyebab terbesar kematian didunia ini. Maka besar hukumnya untuk mempelajari cara-cara untuk mengurangi resiko tersebut.

Seperti yang sudah dinyatakan dengan jelas bahwa banyak dari antara penyebab itu telah diketahui dengan jelas bahwa banyak cara-cara untuk memperkecil resiko tersebut

Inilah beberapa cara untuk memghindari serangan jantung.

· Sejarah keluarga

Jika orang tua Anda meninggal karena serangan jantung atau stroke, maka resiko anda terkena serangan jantung juga tinggi.

Hal ini berkaitan erat dengan faktor genetik. Inilah salah satu pertanyaan pertama yang ditanyakan seorang dokter ketika melakukan pemeriksaan lengkap yang pertama.

Ada beberapa orang yang memunyai apa yang disebut sebagai penyakit turunan dari keluarga Hypercholesterolaemia yang berarti orang tersebut mewarisi kecenderungan darah berkadar kolesterol yang tinggi. Nasib orang seperti ini memang kurang menguntungkan, karena memunyai faktor-faktor resiko yang tinggi untuk mendapat penyakit jantung pada usia muda.

· Karbohidrat

Pada umumnya orang memakan banyak karbohidrat tiap hari. Ini adalah satu faktor resiko yang lain.

Telah dikatakan bahwa ini akan menaikan kadar triglycerides dalam darah, karena karbohidrat berinteraksi dengan lemak.

· Obesitas

Badan yang terlalu gemuk adalah penyakit yang umum di dunia ini yang didatangkan orang itu sendiri. Secara singkat dikatakan bahwa semakin besar pinggang Anda maka semakin pendeklah usia Anda.

Hubungan di antara badan yang terlalu gemuk dengan penyakit sudah jelas ada. Pertambahan berat badan biasanya ditimbulkan oleh karbohidrat dan lemak yang terlalu banyak. Lebih banyak orang yang timbangan badannya terlalu berat menderita penyakit jantung koroner. Tekanan darahnya biasanya lebih tinggi, dan lebih mudah dapat diabetes. Singkatnya, orang-orang yang timbangan badannya lebih berat memperbesar faktor resiko untuk menderita penyakit jantung & serangan jantung pada usia dini. Biasanya orang-orang yang timbangan badannya terlalu berat memunyai kadar lemak darah yang menyolok, baik kolesterol & triglyceridenya, bila dibandingkan dengan orang-orang yang normal berat badannya.

Dengan menurunkan berat badan maka tekanan darah akan turun, dan kadar kolesterol akan turun secara menyolok.