Jumat, 06 Juni 2008

Komentar

Komentar

KEWARGANEGARAAN

Hari pers nasional membawa perubahan baru di dunia pers Indonesia, kita tahu bahwa pers di negara kita merupakan pers yang boleh dikatakan sebagai pers yang telah berhasil. Kebebasan pers di Indonesia juga telah ada, namun terkadang masih ada juga yang selalu menyalahgunakan kebebasan pers tersebut sehingga masyarakat sering menganggap profesi wartawan tidak jelas. Oleh karena itu dalam merekrut wartawan sebaiknya setiap media melakukan seleksi agar selain menciptakan tujuan pers yang ada juga dapat menciptakan tanggapan yang positif dari masyarakat mengenai pers.

Kebebasan pers di Indonesia ini juga belum terlihat secara merata. Di tempat terpencil bahkan dalam medan pertempuran atau daerah-daerah konflik kadang tidak lagi terlihat kebebasan pers bahkan kekerasan terhadap pers semakin banyak. Dengan peringatan hari pers nasional ini para wrtawan dan juga para jurnalis ikin menyampaikan harapan mereka bahwa mereka juga adalah manusia yang memiliki hak selain itu keberadan pers adalah merupakan salah satu pejuang dan pahlawan bagi perkambangan pers.

Pers di negara kita memang sudah sangat berkembang namun pers kita masih harus banyak belajar dan terus mengasah ketajamannya agar peranan pers dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengembangkan pendapat umum dapat terlaksana dengan baik dan jujur tanpa adanya manipulasi informasi.

Pers di Indonesia adalah pers tanggung jawab sosial sehingga dalam kebebasan yang dimilikinya pers harus dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan harus dapat memper tanggungjawapkan segala berita dan informasi yang diliputnya. Kebebasan pers di Indonesia tidak perlu dibatasia oleh begitu banyak peraturan yang terkadang malah membuat pers makin rancuh tetapi cukuplah dengan memciptakan kesadaran akan moral, etika, dan hati nurani insan pers maka kebebasan pers dengan sendirinya akan dibatasi oleh kesadaran tersebut.

By.Olija Racing Team